Prahara Gang Ujung Kampung dan Ajun Rombeng 2

SHARE:

“Maafin Ajun yah, Ji?” mohon ajun sambil mencium tangan Haji Sarip. “Udeh-udeh jangan minta maaf ke gue. Noh, minta maaf ke lu punya Tuhan –...

“Maafin Ajun yah, Ji?” mohon ajun sambil mencium tangan Haji Sarip.

“Udeh-udeh jangan minta maaf ke gue. Noh, minta maaf ke lu punya Tuhan –Alloh Azawajala- ame lu punya orang tue!” terang Haji Sarip.

Subuh itu setengah sadar Ajun mengutarakan yang begitu sentimentil bagi nuraninya dan Haji Sarip yang mendengarnya, "Maafin Ajun yah, Ji?"

Dengan berjalan sempoyongan ia perlakukan celana jins kesayangannya seperti biasa, menyeretnya. Wajah tua Haji Sarip begitu tersenyum melihat anak muda yang sedang ia tuntun ke Mushola hasil wakaf peninggalan Almarhum Sobatnya, Sahili (Babeh Ajun) dan ia. Sesekali Ajun hampir menjatuhkan badannya yang kurus karena pengaruh alkohol murahan yang masih merasuk. "Astagfirullah, Jun lu pasti bisa! Nyok, baca Basmallah. jalannye pelan-pelan, aje!" Haji Sarip menuntun dengan perlahan dan sabar.

"Iye, Ji. Makasih.", sahut Ajun yang kehilangan keseimbangannya.

"Udeh lu nanti ambil wudhu, biar segeran gitu!"

"Iye, Ji" jawab Ajun sambil tersenyum di selingi bau alkohol murahan yang masih meradang.

Selangkah demi selangkah ke dua manusia ini menyambangi tempat wudhu yang tak jauh dari mushola yang dimaksud. Tepatnya disamping kiri mushola dekat sumur galian yang alhamdulillah belum pernah kering walau musim kemarau panjang.

"Ya, udeh lu wudhu dulu sono, biar segeran!" saran Haji Sarip sambil masuk ke mushola meninggalkan Ajun.

Ajun hanya menjawab dengan senyumnya yang khas. Ajun memulai dengan menggulung baju kaos lengan panjangnya, kemudian ia membuka keran memulai ber-wudhu. Ia mulai mengusap-ngusap tangannya hingga bersih tak berbau cairan yang memabukkan tempo dipos ronda tadi. Berlanjut ke rukun wudhu yang lainnya hingga sampailah ia membasuh kedua kakinya. Dalam hati Ajun bergumam, Waduh -Si Rombeng- bisa kebasahan nih? Ntar gue disuruh ngelepas nih celana di ganti make sarung lagi sama Ji Sarip. Wah kagak dah, gue bisa mati gaye di depan Alloh. Mending gue rela -Si Rombeng- basah, asal gue keliatan keren di hadapan Alloh.

Tanpa berpikir panjang Ajun pun meneruskan wudhu-nya yang terpotong tadi. Ia dengan santai membersihkan kaki dan sekaligus -Si Rombeng-. Sesekali ia usap dengan semangat untuk menghilangkan tanah yang terjaring di sisi-sisi celana menggunakan serabut kelapa yang biasanya orang kampung sini di pake buat nyuci piring.

***

 

"Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh, Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh." Ucap salam Haji Sarip selepas shalat sunat. Haji Sarip pun melihat ke arah belakangnya. Nampak lenggang tak ada Ajun si pemuda yang ia tuntun tadi. Haji Sarip pun hanya bisa menggeleng-gelengkan kepalanya. Kemana tuh bocah?, dalam hati ia berbisik.

Orang tua ini pun berdiri dan memeriksa ke tempat Ajun terakhir ditinggalkan. "MasyaAllah, Jun-Jun Ente ngapain Jun?" Ajun hanya melongo kearah Haji Sarip.

"Udeh sono lu pake sarung! ngapain juga lu pake basah-basahan gini?"

"Lah, Ji. Kan kalo mau ngadep ke Alloh bukannye kite kudu bersih, Ji?"

"Iye lu bener. tapi kenape segale lu kudu basah-basahin juga tuh celana? kenape kagak lu lepas?"

"Waduh Ji, klo celana nih ane lepas bisa berabe ane di mata Alloh."

"Emang kenape?"

"Ane kagak keliatan keren, Ji. Mati gaye ane, Ji."

"Ajun-Ajun, Ente ade-ade aje. Mana ntu celana banyak bolongnye di mane-mane. Dah sini lu! Malah mainin air lagi." Haji Sarip mengeleng-gelengkan kepala yang kedua kalinya.

Ajun pun beranjak dari aktifitas bersuci versinya. Dan mengikuti saran sobat Babeh-nya ini untuk bersarung.

Dengan sabar Haji Sarip pun menasehati, "Jun, Ente kalo mau keren di hadapan Alloh ya kudu pas dong pakeannye. Masak iye lu mau ngadap Alloh pakean lu kayak gini? Itu namanye kagak Sopan. Coba gue mau tanye ke lu, gimane pakean lu kalo di panggil wawancara kerja?"

"Ya, ane pake kemeja, celana bahan, plus minyak wangi." jawab Ajun dengan polos.

"Nah kudu gitu juga kalo lu ngadap Alloh, Sang Pencipta direktur ato manajer yang manggil lu wawancara."

Dalam hening Ajun pun merenung. Selang beberapa menit kemudian Ajun menegakkan wajahnya dengan tersenyum yang tak berbau alkohol lagi.

"Nah gitu dong." sahut Haji Sarip tersenyum bangga.

Dan mereka pun menunaikan shalat Subuh berjama'ah  diMushola kecil pojokkan gang yang memojok bersama warga lainnya di Gang Haji Sanip yang tenang. "Aaaamiiiiiin..........", koor jama'ah dan Ajun.[]

Sssstststststststtstst, jangan pada berisik ye! Soalnye lagi ade yang Sholat. :)
Name

Al-Quran,2,Aqidah,3,Berita Islam,22,Biografi,9,Blog,89,Fiqih,5,Hadits,4,Hikmah,8,KNRP,2,Leadership,1,Palestina,19,Pondok Salam,7,Rohingya,4,Sirah Nabawiyah,3,
ltr
item
Pondok Salam Dakwah: Prahara Gang Ujung Kampung dan Ajun Rombeng 2
Prahara Gang Ujung Kampung dan Ajun Rombeng 2
Pondok Salam Dakwah
https://www.pondoksalam.org/2015/06/prahara-gang-ujung-kampung-dan-ajun_4.html
https://www.pondoksalam.org/
https://www.pondoksalam.org/
https://www.pondoksalam.org/2015/06/prahara-gang-ujung-kampung-dan-ajun_4.html
true
445565694425664487
UTF-8
Buka Semua Artikel Artikel Tidak Ditemukan Lihat Semua Selengkapnya Balas Batal Hapus Oleh Beranda Halaman ARTIKEL Lihat Semua REKOMENDASI Kategori ARCHIVE PENCARIAN SEMUA ARTIKEL Not found any post match with your request Kembali Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum SAb Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy