Mendahulukan Allah SWT

SHARE:

Oleh : Ust. Imam Nur Suharno   Salah satu judul buku karya Ustadz Yusuf Mansur adalah Allah Dulu, Allah Lagi, Allah Terus . Hal ...


Oleh : Ust. Imam Nur Suharno
 
Salah satu judul buku karya Ustadz Yusuf Mansur adalah Allah Dulu, Allah Lagi, Allah Terus. Hal itulah yang seharusnya menjadi spirit bagi kaum Muslimin dalam menjalani hidup dan kehidupan. Menjadikan Allah sebagai tujuan segala yang kita lakukan.
 
Semua urusan akan menjadi mudah ketika mengandalkan dan berserah diri hanya kepada Allah semata. Kebingungan akan menjadi sirna, sebab hanya Allah-lah yang menjadi tempat bergantung. 
 
Namun, masalahnya adalah, tidak sedikit di antara kaum Muslimin yang menjadikan Allah sebagai prioritas hanya sebatas di lisan saja dan belum diyakini dalam jiwa.

Bukankah kita selalu bersumpah akan mempersembahkan seluruh hidup dan mati hanya untuk Nya. “Katakanlah : Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidupku, dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam.” (QS.Al An’am 162)

Hal itu pula yang pernah dilakukan oleh Raja baru Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz Al Saud. Ia izin menunaikan sholat Ashar (Allah dulu) saat sedang dalam acara penyambutan Presiden Amerika, Barrack Obama, di Riyadh, Arab Saudi.

Presiden Barrack Obama datang bersama istrinya, Michelle Obama, dan sejumlah pejabat senior untuk menyampaikan bela sungkawa secara langsung atas wafatnya Raja Abdullah bin Abdul Aziz.

Dilansir dari sabq.org, saat itu Raja Salman tengah menyambut kedatangan Presiden Obama di Bandara Internasional King Khalid, namun adzan Ashar berkumandang ditengah acara kenegaraan. Seketika ia menghentikan kegiatan protokoler dan meminta izin kepada rombongan Presiden Obama untuk menunaikan sholat Ashar terlebih dahulu.
 
Dewan Fatwa Provinsi Qashim, Khalid Al Muslih mengatakan, apa yang dilakukan oleh Raja Salman telah menjadi bukti bahwa ia menghormati hukum Islam meski tengah berada di acara Kenegaraan. “Bahwa hak Allah berada diatas hak apapun dan siapapun. “ ujarnya.
 
Ternyata bukan kali ini saja terjadi pada Presiden Barrack Obama. Sebelumnya, Presiden Muhammad Mursi pernah beberapa kalimengabaikan sambungan telepon Obama dengan alasan mau sholat Jumat.

Putri Presiden Mursi, Syaima Mursi, mengungkapkan, peristiwa itu terjadi pada 28 Juni 2013, lima hari sebelum terjadinya kudeta militer. Dalam akun facebooknya, ia menyebutkan, “Presiden Mursi menolak Obama yang meminta berbincanglewat telepon. Beliau meminta sekretaris untuk menjawab bahwa agendanya sedang penuh. Beliau menyatakan siap menerima telepon di waktu yang lain, setelah ada kesempatan.” (dakwatuna)

Dan jauh sebelum itu, Rasulullah dan para sahabatnya telah meneladankan dalam hal mendahulukan Allah. Sesibuk apapun urusan tatkala ada panggilan untuk melaksanakan sholat maka segera ditinggalkan urusan tersebut dan bersegera melaksanakan sholat berjamaah.

Dalam Hadits riwayat Bukhari, Aisyah RA pernah ditanya, “Apa yang biasa dilakukan Nabi SAW dirumahnya?” Aisyah menjawab,”Beliau membantu keluarganya, jika waktu sholat tiba, maka beliau berwudhu dan keluar untuk sholat.”

Ibnu Abbas RA menceritakan kepada para sahabat yang disibukkan dengan pekerjaan dan perdagangannya. Tatkala adzan berkumandang, mereka langsung meninggalkan perkerjaan dan perdagangannya, kemudian berduyun-duyun menuju masjid untuk sholat berjamaah.

Begitu pula yang disaksikan oleh Abdullah bin Umar RA ketika datang kesebuah pasar. Ketika tiba waktu sholat berjamaah, para pedagang serentak menutup toko-toko mereka dan bersama-sama berjalan menuju masjid.

Seperti itulah seharusnya seorang Muslim sejati, dalam kondisi apapun tatkala ada undangan dari Sang Pencipta untuk menunaikan sholat, ia harus segera memenuhi undangan tersebut. Dan pesan itu pula yang disampaikan Imam Syahid Hasan Al Banna, “Bangkitlah segera untuk melakukan sholat apabila mendengarkan adzan walau bagaimanapun keadaannya.”

Sikap diatas bertolak belakang dengan masyarakat di Tanah Air. Tidak jarang kita menyaksikan orang-orang yang lebih asyik rapat, mengajar, berdagang, berolahraga, nonton televisi, main handphone, ngobrol, sibuk dengan anak, hingga kegiatan kenegaraan yang justru menomorduakan pelaksanaan ibadah sholat dengan tanpa bersalah. Astaghfirullah…

Akibat Meremehkan Sholat

Tidak patut bagi seorang Muslim meremehkan (apalagi meninggalkan) kewajiban ibadah sholat. Sholat merupakan salah satu pilar dalam bangunan Islam (HR Bukhari), ia ibarat kepala dalam tubuh (HR Thabrani), dan yang menjadi pembeda antara seseorang dengan syirik dan kufur adalah meninggalkan sholat (HR Muslim).

Karena itu, setiap Muslim hendaknya bertekad untuk mendirikan sholat tepat waktu dan tidak menunda-nundanya, apalagi meremehkan dan melalaikannya. Secara tegas Al Quran mengecam orang-orang yang meremehkan kewajiban sholat hingga terlewat waktunya (QS Al Ma’auun 4-5), dan juga mengecam orang-orang yang melalaikan sholat (QS Maryam 59).
Selain itu, akibat dari meremehkan sholat adalah :

1  1. Akan tersesat hidupnya. “Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan sholat dan memperturutkan hawa nafsunya, maka mereka kelak akan menemui kesesatan (QS Maryam 59)

2. Berakibat pada kekufuran. Diriwayatkan dari Jabir RA bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Antara seorang hambadan kekufuran itu (ada batas pemisah, yaitu) meninggalkan sholat.”
  
3. Dapat merusaka amal. Dari Anas ibn Malik RA, Rasulullah SAW bersabda, “ Yang pertama kali akan dihisab dari seseorang pada hari kiamat adalah sholat. Jika sholatnya baik, akan baik pula seluruh amalnya. Jika sholatnya rusak, akan rusak pula seluruh amal perbuatannya.”

4. Dimasukkan ke dalam neraka. Allah SWT berfirman, “Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (neraka)?” Mereka menjawab, “Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan sholat.” (QS Al Muddatstsiir 42-43)

Karena itu wahai saudaraku, laksanakanlah sholat lima waktu dengan istiqomah dalam keadaan apapun sebelum kita disholatkan.

Sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda, “Shalatlah dengan berdiri, jika tidak mampu dengan duduk, jika tidak mampu maka dengan berbaring, dan jika tidak mampu maka gunakan isyarat.”(HR Bukahri). Jika tidak bisa sholat samasekali maka tinggal disholatkan.
Sungguh beruntung orang-orang yang mampu khusyuk dalam menjalankan sholat. Dan mampu menjaganya dengan baik. Sehingga baginya adalah surga Firdaus. (QS Al Mukminun 1,2,9,11)

Semoga Allah memberikan kekuatan kepada kita kaum Muslimin dalam mendahulukan hak-hak Allah diatas hak apapun dan siapapun. Sehingga layak kita disebut sebagai orang-orang yang tidak lalai dalam mengingatNya.

Yaitu, “Orang-orang yang tidak dilalaikan oleh perniagaan dan tidak (pula) oleh jual beli dari mengingati Allah, dan (dari) mendirikan sholat dan (dari) membayarkan zakat. Mereka takut kepada suatu hari yang (dihari itu) hati dan penglihatan menjadi goncang.” (QS An Nuur 37).
Wallahu A’lam…
Name

Al-Quran,2,Aqidah,3,Berita Islam,22,Biografi,9,Blog,89,Fiqih,5,Hadits,4,Hikmah,8,KNRP,2,Leadership,1,Palestina,19,Pondok Salam,7,Rohingya,4,Sirah Nabawiyah,3,
ltr
item
Pondok Salam Dakwah: Mendahulukan Allah SWT
Mendahulukan Allah SWT
https://4.bp.blogspot.com/-3ygbcKd76F8/Vk1BzMLbPtI/AAAAAAAAEJc/7C5Prtr68MM/s320/mendahuluakan%2BAllah.jpg-large.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-3ygbcKd76F8/Vk1BzMLbPtI/AAAAAAAAEJc/7C5Prtr68MM/s72-c/mendahuluakan%2BAllah.jpg-large.jpg
Pondok Salam Dakwah
https://www.pondoksalam.org/2016/03/mendahulukan-allah-swt.html
https://www.pondoksalam.org/
https://www.pondoksalam.org/
https://www.pondoksalam.org/2016/03/mendahulukan-allah-swt.html
true
445565694425664487
UTF-8
Buka Semua Artikel Artikel Tidak Ditemukan Lihat Semua Selengkapnya Balas Batal Hapus Oleh Beranda Halaman ARTIKEL Lihat Semua REKOMENDASI Kategori ARCHIVE PENCARIAN SEMUA ARTIKEL Not found any post match with your request Kembali Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum SAb Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy